Selamat Datang di moehsoulmount.blogspot.com

Saturday, October 8, 2011

METODOLOGI PENELITIAN I




TUGAS METODOLOGI PENELITIAN I

Dosen Pengampu : Khuriyah, S.PdI, M.Pd












LUSIKA
NIM. 26.09.3.4.009


JURUSAN TARBIYAH
PAI NON REGULER
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SURAKARTA
TAHUN 2011



HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK
DENGAN KEDISIPLINAN MELAKSANAKAN TATA TERTIB
SEKOLAH PADA SISWA MI NURUL HUDA MANYAREJO
PLUPUH SRAGEN

A.     Latar Belakang Masalah
Disiplin adalah sesuatu yang terletak di dalam hati dan jiwa seseorang yang memberikan dorongan bagi orang yang bersangkutan untuk melakukan sesuatu atau tidak melaksanakan sesuatu sebagaimana dilakukan oleh norma dan peraturan yang berlaku. Disiplin juga sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan, artinya dengan adanya kedisiplinan sangat diharapkan mutu pendidikan dapat ditingkatkan.
Sekolah sebagai lembaga yang di dalamnya terdapat tata tertib adalah sebagai perangkat dalam mendisiplinkan pada kinerjanya yang sama-sama ikut bertanggungjawab terhadap tujuan pendidikan di sekolah. Guru termasuk unsur utama dalam membimbing dan mengantarkan anak untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Tujuan di sini diharapkan prestasi belajar yang dicapai oleh siswa pada mata pelajaran akidah akhlak yang sangat membutuhkan kedisiplinannya, artinya semakin disiplin di dalam mempelajarinya semakin baik prestasi belajarnya dan sebaliknya semakin berkurang kedisiplinannya semakin berkurang prestasi belajarnya. Akan tetapi pada kenyataannya banyak siswa yang melanggar tata tertib seperti ada yang membolos, sering ramai di kelas, tidak memperhatikan pelajaran ketika proses belajar mengajar, padahal secara akademis prestasi siswa sangat baik.

B.     Identifikasi Masalah
1.      Banyak siswa yang membolos saat pelajaran
2.      Banyak siswa yang ramai sendiri
3.      Tidak memperhatikan guru ketika sedang pelajaran.
4.      Siswa melanggar tata tertib sekolah

C.     Pembatasan Masalah
Pada penelitian ini kami batasi permasalahan pada hubungan prestasi beajar akidah akhlak dengan kedisiplinan melaksanakan tata tertib sekolah pada siswa kelas III MI Nurul Huda Manyarejo Plupuh Sragen.

D.    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana prestasi belajar akidah akhlak yang dicapai siswa kelas III MI Nurul Huda Manyarejo Plupuh Sragen ?
2.      Bagaimana kedisiplinan siswa dalam melaksanakan tata tertib sekolah siswa kelas III MI Nurul Huda Manyarejo Plupuh Sragen ?
3.      Adakah hubungan antara prestasi  belajar akidah akhlak dengan kedisiplinan dalam melaksanakan tata tertib sekolah siswa kelas III MI Nurul Huda Manyarejo Plupuh Sragen ?

E.     Kajian Teori
Prestasi Belajar (Mansur : 1982)
Prestasi belajar adalah hasil yang dicapai setelah melaksanakan aktifitas belajar. Belajar dapat diartikan sebagai usaha mengadakan perubahan dan pertumbuhan dalam diri seorang yang dinyatakan dalam perilaku ini berarti hasil belajar selalu dinyatakan dalam perubahan tingkah laku, baik berupa pengalaman teoritis maupun pengalaman hasil latihan.

Menurut Poerwadarminato (Kamus Umum Bahasa Indonesia : 1995)
Prestasi belajar adalah suatu hasil yang telah dicapai (dilakukan). Adanya hasil karena telah melaksanakan aktifitas belajar ini dapat diwujudkan dalam bentuk angka atau huruf.
Dari pengertian tersebut dapat diambil makna bahwa yang dimaksud prestasi belajar akidah akhlak adalah hasil yang dicapai setelah siswa mempelajari mata pelajaran tersebut sehingga memberi perubahan tingkah laku maupun pengalamannya.

Kedisiplinan
Istilah kedisiplinan berasal dari kata “disiplin” yang mendapat awalan “ke” dan akhiran “an” yang berarti latihan atau pendidikan kesopanan dan kerohanian serta mengembangkan tabiat (Moekiyat : 1978).
Disiplin adalah mentaati tata tertib yang telah ditentukan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang telah diserahkan kepada setiap pegawai atau pekerja, sehingga dapat dijalankan dengan penuh keinsyafan (Nasution, Asma Affan Maka : 1984).
Disiplin itu dapat dilihat apabila seorang dengan senang hati melaksanakan instruksi-instruksi alasannya mentaati peraturan-peraturan yang berlaku (Djaelani Slamet).
Maka dengan mengambil ketiga definisi tersebut dapat diambil pengertian bahwa pada hakikatnya disiplin adalah ketaatan, ketekunan kegiatan, sikap, kelakuan, sikap hormat yang nampak sesuai dengan aturan yang telah disepakati.

Pengertian aqidah akhlak terdiri dari dua kata yaitu aqidah dan akhlak yang mempunyai pengertian secara terpisah.
1.      Aqidah
Aqidah berasal dari kata aqoid yaitu sesuatu yang wajib dipercayai atau diyakini hati tanpa keraguan.
Aqidah menurut syara. ialah : iman yang kokoh terhadap segala sesuatu yang disebut dalam Al-Qur.an dan Hadits shahih yang berhubungan dengan tiga sendi Aqidah Islamiyah, yaitu :
a.       Ketuhanan, meliputi sifat-sifat Allah SWT, nama-nama-Nya yang baik dan segala pekerjaan-Nya.
b.      Kenabian, meliputi sifat-sifat Nabi, keterpeliharaan mereka dalam menyampaikan risalah, beriman tentang kerasulan dan mukjizat yang diberikan kepada mereka. Dan beriman dengan kitab-kitab yang diturunkan kepada mereka.
c.       Alam kebangkitan
v     Alam rohani, membahas alam yang tidak dapat dilihat oleh mata.
v     Alam barzah, membahas tentang kehidupan di alam kubur sampai bangkit pada hari kiamat.
v     Kehidupan di alam akhirat, meliputi tanda-tanda kiamat, huru-hara, pembalasan amal perbuatan.
Aqidah adalah suatu hal yang pokok dalam ajaran Islam, karena itu merupakan suatu kewajiban untuk selalu berpegang teguh kepada aqidah yang benar. Aqidah mempunyai posisi dasar yang diibaratkan sebuah bangunan yang mempunyai pondasi yang kokoh maka bangunan itu akan berdiri tegak.
2.      Akhlaq
Akhlak dilihat dari segi bahasa adalah berasal dari bahasa Arab, jamak dari kata Khuluk yang artinya perangai atau tabiat.
Dalam ensiklopedi pendidikan dikatakan bahwa akhlak ialah budi pekerti, watak, kesusilaan yaitu kelakuan baik yang merupakan akibat dari sikap jiwa yang benar terhadap khalik-Nya dan terhadap sesama manusia.
Jadi dapat diartikan bahwa akidah akhlak merupakan perilaku yang mencerminkan iman seseorang kepada Allah SWT.

F.      Kerangka Berfikir
Prestasi belajar merupakan hasil seorang anak setelah melakukan kegiatan belajar, khususnya materi akidah akhlak. Akidah aklak merupakan suatu pelaksanaan budi pekerti berdasarkan kebenaran dari Allah dan diharapkan dapat mengamalkan ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kedisiplinan ialah mentaati peraturan khususnya tata tertib sekolah dengan penuh keikhlasan. Sehingga ketika melaksanakannya tidak ada rasa terbebani.



G.    Hipotesis
“Terdapat hubungan antara prestasi belajar akidah akhlak dengan melaksanakan tata tertib sekolah pada siswa kelas III MI Nurul Huda Manyarejo Plupuh Sragen”.


No comments:

Post a Comment